July 23, 2019

Berwarna merah muda, berbumbu ringan dan manis-tajam, rhubarb mengangkat hidangan musiman sempurna ini.
Glasir rhubarb membuat ayam ini istimewa. Kredit Malvid untuk The New York Times. Penata Makanan: Simon Andrews.

Memanggang ayam tidak pernah menjadi tua. Cukup dibumbui dengan garam atau diolesi dengan truffle yang dimasukkan ke ususnya, selama kulitnya garing dan dagingnya berair, ayam panggang adalah sesuatu yang akan selalu saya makan sampai ke tulang.

Ayam panggang ini jatuh di jalan tengah yang luas antara boneka asin dan truffle. Resepnya sama sekali tidak rumit, dan tidak meminta bahan-bahan langka. Tapi glasir kelembak membuatnya istimewa: merah muda, dibumbui sedikit, manis-tajam dan sempurna untuk musim semi.

Warna merah jambu berasal dari rhubarb lipstik-merah, jenis yang sangat jenuh sehingga tetap memerah bahkan saat dipanggang. Bukan berarti warnanya sama sekali tidak terpisahkan dengan rasa hidangan – merah muda tidak lebih enak dari kehijauan. Tapi ini lebih cantik.

Baik tangkai rhubarb hijau atau merah, montok, kencang, dengan bintik-bintik kecoklatan minimal pada kulit, adalah yang Anda cari; ini menandakan kesegaran. Semakin segar mereka, semakin terasa juga.

Irisan, dibumbui dengan ketumbar dan jahe, dan ditaburi dengan gula, rhubarb dipanggang dalam oven yang sama dengan ayam, tetapi dalam piring terpisah. Saat memasak, berubah menjadi lembut dan manis, tetapi tidak pernah membuat lelah, berkat keasamannya yang cepat dan beberapa lemon. Tart dan cukup manis, beberapa campuran rhubarb disikat di atas ayam panggang, di mana gula membantu perunggu kulitnya. Kemudian sisanya runtuh menjadi bumbu seperti chutney untuk melayani bersama burung.

Ada satu komponen lagi untuk hidangan ini, dan itulah bawang merah renyah. Tidak seperti rhubarb, yang menjaga jarak dari ayam dengan memanggangnya di wajan sendiri, bawang tersebar tepat di sebelah burung sehingga mereka dapat menyerap semua jahe, lemak rendering yang berbau bawang putin. Lemak inilah yang membuat bawang bombai renyah. Pastikan untuk tidak mengirisnya terlalu tipis. Anda ingin mereka garing dan cokelat saat dipanggang, tidak menghitam dan terbakar. Dengan asumsi Anda tidak akan memancing penguasa untuk membuat makan malam (saya tidak pernah melakukannya), berbuat salah pada sisi tebal setebal seperempat inci ketika Anda melihatnya.

Kemudian untuk disajikan, saya suka memasukkan ayam, bawang, dan rhubarb ke dalam semangkuk mentega polenta untuk menangkap semua jus. Tapi piring dan baguette yang robek juga bisa digunakan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *